Nisa Husnainna A full-time wife, a part-time content writer. Trying to inspire others and being a good servant of Allah.

10 Masjid Terbaik untuk Hijrah di Yogyakarta

5 min read

masjid terbaik hijrah yogyakarta

Masjid Terbaik untuk Hijrah di Yogyakarta – Teman-teman, setuju nggak kalau tempat terbaik untuk memulai hijrah adalah masjid?

Kita temui orang-orang yang hijrah semakin sering mengunjungi masjid, di mana di rumah Allah itulah ia dapat merasakan ketenangan jiwa, beristirahat sejenak dari kehidupan dunia yang kadang melalaikan.

Orang yang hijrah biasanya akan lebih merasakan kedamaian dan ketenangan jiwa karena telah menyadari bahwa dunia ini hanyalah sementara, akhiratlah yang kekal abadi.

Mengunjungi masjid secara otomatis akan membuat iman kita meningkat. Dorongan untuk menjadi insan yang lebih baik pun muncul. Ketika berada di rumah-Nya lah kita merasa sangat dekat dengan Sang Pencipta.

Masjid kini tidak hanya ramai ketika jam-jam sholat saja, melainkan juga ketika diadakan majelis ilmu. Banyaknya pemuda yang berhijrah turut membawa dampak baik yaitu semakin memakmurkan masjid.

Kota Yogyakarta juga termasuk kota yang mengalami kenaikan tingkat pemuda hijrah yang cukup pesat. Di Kota Pelajar ini, antusiasme pelajar hingga masyarakat umum terhadap kajian di masjid-masjid tergolong baik.

Bagi kamu khususnya yang tinggal di Kota Yogyakarta, terdapat banyak masjid yang dapat membantumu untuk berhijrah. Di bawah ini telah kami rangkum 10 masjid terbaik untuk hijrah di Kota Yogyakarta:

1. Masjid Pogung Dalangan (MPD)

masjid pogung dalangan
Gambar: http://yonoyoyes.blogspot.com

Masjid yang terletak di daerah Pogung Dalangan ini identik dengan mahasiswa dan mahasiswi yang menimba ilmu agama sembari kuliah di universitas umum. Mereka biasa disebut ‘mahasantri’.

Di masjid ini, kita akan bertemu dengan banyak mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta. Terutama pada saat kajian dan juga dauroh. Maka bagi kamu yang sedang mencari teman hijrah, di masjid ini kamu akan menemukannya.

Salah satu kajian rutin yang selalu dipadati oleh jamaah di masjid ini adalah kajian yang dibawakan oleh Ustadz Abduh Tuasikal, ST, M.Sc setiap hari Kamis pukul 16.00 – 20.00 WIB.

Tidak hanya itu saja, dauroh akbar yang diadakan oleh Yayasan Indonesia Bertauhid sebulan sekali juga selalu dipadati hingga ribuan orang. (IG: https://www.instagram.com/indonesiabertauhidofficial/)

Ustadz-ustadz yang rutin mengisi kajian di masjid ini adalah ustadz yang sangat berkompeten di bidang keilmuannya, antara lain:

  • Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, ST, M.Sc hafizhahullahu
  • Ustadz Aris Munandar, SS, M.P.I hafizhahullahu
  • Ustadz Ammi Nur Baits, ST, BA hafizhahullahu
  • Ustadz Muhammad Rezki Hr, PhD hafizhahullahu
  • Ustadz Hasim Ikhwanudin, S.Ars hafizhahullahu
  • Ustadz dr. Raehanul Bahraen, Sp.PK. hafizhahullahu
  • Ustadz Sulaiman Rasyid hafizhahullahu
  • dan lain-lain

Hingga kini MPD terus menambah kapasitas jumlah tampungan jamaahnya. Masjid yang awalnya hanya mempunyai 1 lantai tersebut sekarang telah direnovasi menjadi bertingkat 3 lantai.

Pembangunan Rumah Tahfizh MPD juga masih dilakukan. Rumah Tahfizh MPD tersebut nantinya akan terbuka untuk mahasiswa maupun masyarakat umum yang ingin menghafal Al-Qur’an.

Apabila kalian mempunyai Instagram, follow akun MPD berikut ini untuk mendapatkan informasi kajian paling update: https://www.instagram.com/masjidpogungdalangan/

2. Masjid Pogung Raya (MPR)

Gambar: Google View

Berlokasi di kampung Pogung, Sleman, MPR berada sangat dekat dengan MPD. Keberadaan dua masjid ini (MPD dan MPR) membuat kawasan Pogung dikenal dengan sebutan ‘Pogung Kampung Hijrah’.

Kegiatan di MPR tidak jauh berbeda dengan di MPD. Kajian rutin di MPR mayoritas diisi oleh Ustadz Afifi Abdul Wadud, BA hafizhahullahu dan Ustadz Aris Munandar hafizhahullahu.

Follow Instagram Masjid Pogung Raya dengan mengklik link berikut ini agar tidak ketinggalan informasi kajian ter-update, ya! https://www.instagram.com/masjidpogungraya/

3. Masjid Al-‘Ashri Pogung Rejo

masjid al-'ashri
Gambar: muslim.or.id
masjid al-'ashri
Gambar: allevents.in

 

 

 

 

 

 

 

Masih bertempat di lingkungan Pogung, Masjid Al-Ashri menjadi salah satu masjid hijrah terutama untuk para mahasantri menimba ilmu syar’i.

Ma’had Al-‘Ilmi Yogyakarta dan Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari (YPIA) rutin menyelenggarakan kajian untuk para mahasantri dan juga masyarakat umum di masjid ini.

Masjid Al-‘Ashri merupakan salah satu masjid di Kota Yogyakarta yang kegiatan dakwahnya berlandaskan Al-Qur’an dan As Sunnah dengan pemahaman salafusshalih.

Di masjid ini akan kita temui banyak teman-teman pemuda dan pemudi yang memiliki semangat tinggi dalam mempelajari ilmu agama.

Mereka merupakan generasi muda yang tidak hanya pandai dalam masalah ilmu dunia saja, akan tetapi juga memiliki ilmu agama yang baik sesuai pemahaman para sahabat, tabi’in, tabi’ut, serta tabi’ut tabi’in.

Berikut adalah link Instagram Masjid Al-‘Ashri Yogyakarta: https://www.instagram.com/masjidalashri/ di-follow, ya!

4. Masjid Al-Huda Kumpulrejo

masjid terbaik hijrah yogyakarta
Gambar: https://web.facebook.com/masjidalhudajogja/

Salah satu kajian rutin di Masjid Al-Huda Kumpulrejo ini ada setiap Rabu pagi pukul 07.30 – 08.30 WIB membahas Kitab Syarh Nawaqidhul Islam (Pembatal-pembatal Keislaman).

Masjid ini juga menjadi salah satu tempat diadakannya kegiatan Aishah (Akademi Shalihah), yaitu sekolah informal yang mempersiapkan perempuan untuk menjadi seorang istri dan ibu.

Masjid Al-Huda berlokasi di Gg. Pandega Mandala, Manggung Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Saat ini Masjid Al-Huda Kumpulrejo belum memiliki akun resmi Instagram.

5. Masjid Al-Ikhlas Karangbendo

Gambar: Google View

Masjid Al-Ikhlas Karangbendo berlokasi di sebelah utara Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM). Masjid ini sangat mudah diakses oleh semua orang, terutama mahasiswa Klaster Agro UGM.

Ustadz yang rutin mengisi kajian di masjid ini antara lain:

  • Ustadz Afifi Abdul Wadud, BA hafizhahullahu
  • Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, ST, M.Sc hafizhahullahu
  • Ustadz Yulian Purnama, S.Kom hafizhahullahu
  • Ustadz Ristiyan Ragil, MT hafizhahullahu

6. Masjid Al-Muqtashidin (Fakultas Bisnis dan Ekonomi UII)

Gambar: Google View

Kalau kamu anak Fakultas Bisnis dan Ekonomi UII, pastinya kamu tahu dong masjid ini. Tapi kamu tahu juga nggak kalau di masjid ini ada cukup banyak kajian rutinnya?

Masjid Al-Muqtashidin termasuk salah satu masjid yang sangat cocok untuk pemuda hijrah yang sedang menimba ilmu syar’i sambil berkuliah.

Eitss, kajian-kajian di masjid ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa UII saja loh, tapi terbuka juga untuk mahasiswa kampus lain dan masyarakat umum.

Masjid Al Muqtashidin saat ini juga mengadakan sebuah program yang dinamakan Naseeha Project, yaitu kajian terstruktur yang diperuntukkan bagi pemuda pemudi yang akan menikah agar memiliki bekal ilmu pra nikah yang cukup. (IG: https://www.instagram.com/naseehaproject/)

Nah, untuk mendapatkan informasi mengenai kajian yang diselenggarakan di masjid FBE UII ini, follow aja akun Instagramnya berikut: https://www.instagram.com/masjidalmuqtashidin/ karena informasinya sangat update.

7. Masjid Agung Sleman

Gambar: Google View

Masjid terbaik untuk hijrah di Yogyakarta yang selanjutnya adalah Masjid Agung Sleman. Masjid ini berlokasi di Jl. Parasamya, Kel. Tridadi, Kecamatan Sleman Yogyakarta. Teman-teman juga bisa mencarinya di Google Maps: http://www.bit.ly/masjidagungsleman

Beberapa ustadz terkenal sudah pernah mengisi tabligh akbar di masjid ini, antara lain:

  • Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafizhahullahu
  • Ustadz Subhan Bawazier hafizhahullahu
  • Ustadz Dr. Firanda Andirja, Lc., MA hafizhahullahu

8. Masjid Suciati Saliman

masjid suciati saliman
Gambar: http://www.jetranirezadias.com/
masjid terbaik hijrah yogyakarta
Gambar: http://www.jetranirezadias.com/

 

 

 

 

 

 

 

Terkenal akan kemewahan dan kemegahan arsitekturnya, Masjid Suciati Sleman juga tak ketinggalan menyelenggarakan kajian-kajian sunnah yang menarik, loh! Masjid Suciati memiliki desain yang dibuat mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid ini diberi nama seperti nama orang yang membangunnya, yaitu Ibu Suciati. Beliau adalah seorang pengusaha dan bertekad kuat untuk dapat mewujudkan mimpinya membangun masjid yang dijuluki ‘Masjid Nabawi Cantik dari Sleman’ tersebut.

Salah satu kajian rutin di masjid ini adalah Kajian Fiqh membahas Kitab Bulughul Maram bersama Ustadz Ammi Nur Baits, ST, BA hafizhahullahu setiap Kamis ba’da dzuhur.

9. Masjid Jamilurrahman As-Salafy

Gambar: Google View

Kalian pasti tahu Ustadz Dr. Firanda Andirja, Lc., MA hafizhahullahu, kan? Beliau dulunya pernah menimba ilmu di sini sebelum melanjutkan studinya ke Madinah dan menjadi pengajar tetap di Masjid Nabawi Madinah.

Masjid ini terletak di dalam Komplek Ponpes Jamilurrahman As-Salafy, yang berlokasi tepatnya di Glondong, Wirokerten, Kecamatan Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebagai salah satu masjid salaf tertua di Yogyakarta, Masjid Jamilurrahman telah mencetak banyak generasi penghafal Qur’an dan ustadz.

Ponpes Jamilurrahman sendiri merupakan pusat belajar ilmu-ilmu syar’i di mana terdapat:

  • Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an (MITQ) Jamilurrahman (untuk ikhwan dan akhwat) –> setingkat SD
  • MTs Jamilurrahman (untuk ikhwan dan akhwat) –> setingkat SMP
  • MA Jamilurrahman (untuk ikhwan dan akhwat) –> setingkat SMA
  • Ma’had Jamilurrahman (untuk ikhwan dan akhwat) –> setingkat lulus SMA

Jamilurrahman As-Salafy memiliki akun Instagram: https://www.instagram.com/mahadjamilurrahman/ serta channel Youtube bernama Majas TV.

Dapatkan informasi paling update seputar penerimaan santri baru Ma’had Jamilurrahman pada website berikut: http://jamilurrahman.net/

10. Masjid Abdurrahman Bin Auf (MABA)

Gambar: KlikSunnah TV
Gambar: Dwi Sri Wahyuningsih

 

 

 

 

 

 

Meskipun masih tergolong baru, takmir Masjid Abdurrahman Bin Auf atau yang biasa disingkat MABA ini sudah aktif menyelenggarakan kajian-kajian sunnah bahkan sejak bangunannya masih dalam tahap pengerjaan, loh.

Jamaah yang hadir juga selalu lumayan ramai. Panitia kajian pun sudah profesional dalam mengatur berjalannya suatu kajian.

Ciri khas masjid ini yaitu tempat parkir yang terpisah antara parkiran ikhwan dan parkiran akhwat. Selain itu, setiap selesai kajian pasti takmir atau panitia kajian mempersilakan jamaah akhwat yang keluar terlebih dahulu.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya ikhtilath saat pembubaran kajian. Keren, ya… Semoga bisa diimplementasikan juga oleh semua masjid.

Oh ya, lokasi masjid ini memang agak jauh dari Kota Yogyakarta, karena letaknya di kawasan Desa Wisata Kasongan, Bantul, DI Yogyakarta. Namun begitu, masjid ini masih cukup terjangkau, kok. Masjid ini juga dibina langsung oleh Ustadz Muhammad Romelan, Lc, M.Ag hafizhahullahu.

Apabila guru kita Ustadz Dr. Firanda Andirja, MA hafizhahullahu yang mengajar di Madinah sedang pulang ke Indonesia dan berkunjung ke Yogyakarta, biasanya beliau juga akan mengisi kajian akbar di masjid ini.

Dapatkan informasi kajian update di Instagramnya: https://www.instagram.com/masjidmaba/ serta informasi seputar profil dan program MABA di websitenya: https://abdurrahmanbinauf.or.id/

Penutup

Demikianlah rangkuman singkat kami mengenai 10 Masjid Terbaik untuk Hijrah di Yogyakarta. Semoga Allah ‘azza wa jalla senantiasa memudahkan dan merahmati langkah kita dalam berhijrah. Aamiin.

Baca juga: Meraih Nikmatnya Keberkahan di Atas Sunnah

Nisa Husnainna A full-time wife, a part-time content writer. Trying to inspire others and being a good servant of Allah.

One Reply to “10 Masjid Terbaik untuk Hijrah di Yogyakarta”

Tinggalkan Balasan