10 Cara Bersyukur kepada Allah Melalui Hal-hal Kecil

3 min read

Cara Bersyukur kepada Allah

Cara bersyukur kepada Allah menurut islam yaitu bisa menerima apapun yang diberikan oleh Allah. Jadi, bersyukur itu adalah dimana Anda tidak pernah mengeluh atas semua kebahagiaan,  kesulitan, keresahan semua di terima dengan rasa syukur.  Syukur merupakan salah satu sikap nabi yang harus dicontoh bagi umat muslim. Mengingat ujian yang diterima nabi dulu lebih sulit dari kita. Maka dari itulah, tidak sepantasnya kita semua selalu mengeluh.

 

10 Cara Bersyukur Kepada Allah

Keutamaan bersyukur dijelaskan oleh Allah SWT dalam surat Al-Qamar ayat 35: Ayat ini menjelaskan bahwa umat islam diwajibkan untuk selalu bersyukur. Karena Allah akan memberikan perlindungan dari azab-Nya, terutama di hari akhir nanti. Nah,  berikut ini adalah cara bersyukur kepada Allah yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim. Agar umat muslim tahu bagaimana caranya mensyukuri nikmat Allah, antara lain:

1. Selalu Ingat Kepada Nikmat Allah

Dikutip melalui surat QS.  Al-Baqarah:  152, menyebutkan bahwa setiap umat muslim harus ingat kepada Allah. Dengan begitu, Allah juga akan selalu mengingat umat-Nya. Selain itu, umat muslim juga tidak boleh ingkar dan harus selalu bersyukur kepada Allah.  Jadi, dari sinilah ayat ini menjelaskan  bahwa sebisa mungkin bahwa semua hal yang diterima harus selalu disyukuri.

Baik itu dari kebahagiaan maupun kesulitan. Setiap umat muslim harus selalu bersyukur dengan mengingat Allah, tanpa mengeluh. Karena, dengan syukur, ini bisa dijadikan sebagai salah satu upaya untuk tidak meragukan lagi kuasa Allah. Karena Allah bisa membolak-balikan situasi dari sulit menjadi mudah dan mudah menjadi sulit. Maka dari itulah, bersyukur itu wajib hukumnya.

Jadi, cara bersyukur kepada Allah yang pertama sekaligus yang paling mudah bagi seorang hamba untuk bersyukur kepada Allah, adalah dengan mengingat selalu kenikmatan yang diberikan kepada Allah. Ada  banyak hal yang telah diberikan untuk umat-Nya. Yaitu, kenikmatan bisa bernafas,  berbicara, melihat dan masih banyak lagi. Hal ini merupakan rasa cinta Allah kepada umat-Nya.

2. Selalu Mengingat Janji Allah

Allah Maha Mengetahui apa yang dilakukan oleh umatnya. Salah satu cara bersyukur kepada Allah dalam hal kecil selanjutnya adalah selalu mengingat janji Allah.  Allah Maha menyukai dan menjaga umat-Nya yang selalu bersyukur. Karena janji Allah adalah orang yang selalu bersyukur, mereka akan terhindar dari azab-Nya di masa yang akan datang. Maka dari itulah, kita harus selalu bersyukur kepada-Nya.

3. Mengingat Akibat Yang Diterima Apabila Berpaling Dari Allah

Kemudian cara bersyukur kepada Allah yang lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan selalu mengingat akibat yang terjadi jika mengingkari kuasanya.  Jika sebagai umat-Nya selalu mengeluh apa yang dialami oleh dirinya, niscaya Allah Akan memberikan celaka didalam hidupnya. Maka dari itulah, apapun itu yang dirasakan, setiap umat muslim harus tidak pernah lelah untuk terus ingat kepada Allah.

4. Senantiasa Berterima Kasih Kepada Orang Lain

Salah satu cara mensyukuri nikmat Allah selanjutnya adalah selalu berterima kasih kepada orang lain. Karena dengan mengungkapkan rasa syukur lewat ucapan inilah bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk dari upaya rasa syukur. Dimana bahwa sesungguhnya Allah akan memberikan kemuliaan kepada umat-Nya yang selalu bersyukur kepada-Nya. Maka dari itulah, jangan pernah lelah untuk mengucap kata terima kasih.

(Baca Juga: Akidah Islam Menunaikan Hak Allah Atas Hamba)

5. Merenungkan Nikmat-nikmat Allah

Salah satu cara bersyukur kepada Allah adalah harus selalu merenungkan nikmat yang telah diberikan oleh Allah. Pastinya setiap manusia itu memiliki kenikmatan yang berbeda-beda. Apapun yang telah diberikan kepada umat-Nya dari Allah itu seharusnya bisa menjadi bahan perenungan untuk selalu bersyukur kepada Allah. Dimana seharusnya setiap umat tahu betapa nikmat apa yang telah diberikan oleh Allah.

6. Qana’ah

Cara bersyukur kepada Allah yang harus dilakukan selanjutnya adalah harus selalu qana’ah.- selalu merasa cukup atas nikmat yang telah dimiliki oleh diri sendiri tanpa memandang kenikmatan yang dimiliki oleh orang lain jangan sekali kali merasa selalu kurang atas kenikmatan yang telah diberikan serta jangan membandingkan kenikmatan pribadi dengan kenikmatan kebahagiaan orang lain. Maka Allah tidak akan memberikan kenikmatan senikmat apapun seperti halnya yang telah tertulis dalam H. R Ibnu Majah No.  3417 yang memiliki isi sebagai.

7. Selalu Mengakui Nikmat Allah Dari Dalam Hati

Salah satu bentuk rasa syukur yang lainnya adalah selalu mengakui nikmat Allah dari dalam hati. Selain itu, rasa syukur juga bisa dilakukan dengan cara selalu mengingat nikmat Allah, tidak hanya sekedar dengan ucapan saja. Namun, rasa syukur ini juga harus dikatakan dari hati seraya  selalu mengucapkan pujian kepada Allah dari dalam hati. Sehingga, Allah akan menambah nikmat umat-Nya.

8. Menunjukan Syukur Lewat Perbuatan

Salah satu cara bersyukur kepada Allah adalah melalui perbuatan. Allah sangat menyukai umat-Nya yang selalu melakukan hal-hal baik sebagai upaya untuk menunjukan rasa syukur kepada-Nya. Misalnya saja, seperti selalu membantu orang lain tanpa perasaan pamrih, dan tidak ingin dipuji orang lain. Serta selalu tepat waktu dalam beribadah. Beberapa hal ini termasuk sikap bersyukur kepada Allah.

9. Menjaga Nikmat Dari Kerusakan

Sikap bersyukur lainnya adalah selalu menjaga kesehatan dan kenikmatan yang diberikan Allah. Karena, menjaga nikmat Allah itu wajib! Jangan sampai nikmat Anda menjadi rusak hanya karena perbuatan yang tidak terpuji. Maka dari itulah, jangan sampai melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah. Anda harus selalu membentengi diri dengan baik, agar tidak terjadi sesuatu hal yang membuat Allah menjadi murka.

Ada salah satu perumpamaan dari hadist yang menyuruh umat-Nya agar tidak selalu memandang ke bawah. Hal ini harus diperhatikan. Baik dari segi bentuk tubuh,  kesehatan,  harta, serta kemakmuran. Semua yang dimiliki dan semua nikmat apapun yang diberikan Allah kepada umat-Nya itu sama. Karena semua posisi manusia sama saja dimata Allah. Jadi jangan pernah merasa paling hebat dan unggul dari orang lain.

10. Selalu Bersyukur Dengan Lisan

Cara bersyukur lainnya adalah selalu menerapkan rasa syukur dengan lisan maupun perkataan. Dengan mensyukuri nikmat atas diri sendiri, tanpa menyandarkan kepada orang lain dengan lisan, ini bisa membuat hidup Anda menjadi lebih baik. Kini Anda dapat selalu berucap syukur dengan cara melafazkan “alhamdulillah”. Terkait apapun yang Anda miliki, nikmat yang diberikan Allah itu tidak pernah usai sampai raga kita terpanggil oleh-Nya.

Dalam surat QS Ad Duha ayat 11, menyebutkan bahwa atas semua nikmat yang diberikan Allah kepada umat-Nya itu diharapkan harus selalu disyukuri. Jadi, maksud dari Hadist tersebut adalah sebagai umat-Nya, Anda harus selalu bisa mengucapkan rasa syukur ketika dilimpahkan kenikmatan dan kebahagiaan. Ingat! Jangan sampai terlena akan kebahagiaan yang Anda rasakan, lalu digantikan dengan kesombongan. Karena hal tersebut bisa dibalikkan oleh Allah saat Allah menginginkan-Nya.