Ficky Septian Ali Seorang Suami, Blogger, Penulis Paruh Waktu, Storyteller, Pemuda Hijrah dan Banyak Lagi.

Berbakti Kepada Orang Tua Adalah Kunci Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

1 min read

Dari Rasulullah SAW tentang Berbakti kepada Orang Tua

Berbakti kepada orang tua – Nabi Muhammad SAW berkata,

Siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya, hendaklah ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan terus menyambung tali silaturahim. Berbakti kepada orang tua hukumnya wajib.

Berbakti kepada kedua orang tua ialah syarat untuk memperoleh umur yang panjang. Entah itu Allah memberikannya berupa durasi waktu umur yang panjang, atau mungkin kehidupan yang sangat bahagia sepanjang umur kita.

Tidak ada yang sia-sia.

Sehingga apabila kita merasa bahwa pekerjaan kita banyak masalah, usaha-usaha kita mulai merugi, lalu kita mencari penyebab mengapa kita merugi, lalu kita mengevaluasi sekian banyak hal pekerjaan yang ternyata malah menambah beban pikiran.

Hal itu jelas bukanlah yang lebih utama untuk dievaluasi.

Yang paling utama untuk dievaluasi adalah hubungan kita dengan Allah SWT, kemudian kepada kedua orang tua kita.

Ketika kita memiliki masalah di kantor kita, datanglah kepada ayah dan ibu kita di rumah.

Ketika kita memiliki masalah di kampus / sekolah kita, mengapa nilai kita jelek, mengapa kita tidak lulus-lulus atau bahkan ketika kita kehilangan semangat untuk mengerjakan skripsi, datanglah kepada ayah dan ibu kita.

Ketika kita punya masalah pribadi, datanglah kepada ayah dan ibu kita. Karena di sanalah Allah SWT titipkan kebahagiaan kita di dunia dan di akhirat.

Umur dan rezeki.

Apapun masalah kita, datanglah terlebih dahulu kepada ayah dan ibu kita. Kemudian barulah kita mulai mengevaluasi hal-hal yang lain.

Tanyakan pada diri kita.

Bagaimanakah hubungan kita dengan orang tua kita? Sudah berapa lamakah kita tidak datang kepada orang tua kita? Sudah berapa lamakah kita tidak bicara kepada orang tua kita?

Lalu, termasuk pada masalah jodoh sekalipun.

Ketika orang tua kita belum meridhoi, maka bersabarlah dan jadikan hal itu sebagai salah satu bentuk bakti kita terhadap orang tua kita, sebelum kita membagi cinta dan bakti kita kepada orang yang kita sayangi setelah menikah.

Kunci kebahagiaan di dunia dan akhirat ialah berbakti kepada orang tua kita.

Ficky Septian Ali Seorang Suami, Blogger, Penulis Paruh Waktu, Storyteller, Pemuda Hijrah dan Banyak Lagi.

Tinggalkan Balasan