Ayat Al Qur’an tentang Cinta Kepada Allah

3 min read

Ayat Al Qur’an tentang Cinta

Berbicara tentang ayat Al Qur’an tentang cinta memang tidak pernah ada habisnya. Terlebih cinta sendiri merupakan sebuah rasa yang sudah pastinya dimiliki oleh setiap umat manusia. Baik itu diantara sesama ataupun kepada sang Pencipta. Namun sayangnya, cinta terkadang menjadi boomerang bagi perasaan itu sendiri.  Selalu memikirkan cinta duniawi membuat lupa akan cinta dan ketulusan sebenarnya yang selalu dimiliki oleh Allah.

Cinta Allah kepada umat-Nya adalah cinta yang tidak pernah berujung,  tak pernah mengecewakan,  tak pernah meminta pamrih. Tubuh yang sehat,  keluarga yang harmonis,  bisa membuka mata, bisa berbicara kepada orang lain,  semua itu adalah wujud cinta Allah kepada umat-Nya. Namun sayangnya hampir semua orang selalu menyia-nyiakan hal itu seolah tidak ada artinya.

Beruntungnya, meskipun sering melupakan, tapi ternyata Allah tak pernah sedetikpun benci kepada umat-Nya. Jadi sangatlah keliru apabila manusia berpikir Allah tidak pernah cinta kepada semua umat-Nya. Karena semua bentuk anugerah yang telah dilimpahkan disaat kita bisa menginjakan kaki ke bumi itu adalah cinta sejati. Cinta yang seharusnya direnungkan dengan seksama. Karena cintanya tak pernah terbatas serta tak bersyarat.

Deretan Ayat Al Qur’an tentang Cinta

Deretan ayat Al Qur’an tentang cinta yang akan dibahas kali ini erat kaitannya dengan semua makhluk di bumi. Kasih sayang Allah kepada umatnya tidak bisa diabaikan begitu saja. Mungkin kita bisa membaca semua sajak sajak puisi tentang cinta yang mungkin langsung bisa dirasakan menyentuh semua perasaan para pembacanya. Tapi apakah sajak itu bisa mewakili penggambaran cinta di seluruh muka bumi?

Cinta tak hanya terbatas kepada seseorang tentang rasa cinta kasih sayang. Namun, tentunya cinta itu bisa dirasakan ketika bersama keluarga, bersama teman sahabat,  maupun ketika sudah menjalani kehidupan bahtera rumah tangga. Cinta kepada keluarga, kepada anak, maupun suami semuanya bisa terbaca jelas dan bisa menggambarkan makna cinta sesungguhnya.

Berikut ini beberapa ayat Al Qur’an tentang cinta yang bisa diambil hikmahnya, antara lain:

  1. QS AlFatihah:

Dari ayat ini bisa memberikan gambaran rasa cinta umatnya kepada Allah. Bahwa setiap tindakan apapun itu selalu didahulukan nama Allah sebagai jalan mempermudah segalanya. Dengan membaca ayat ini, hal ini membuktikan bahwa umat cinta kepada Allah karena selalu mengingat nama-Nya dan selalu menyebut nama-Nya disetiap waktu.

2. QS Al Dzariyyah:

Dan segala sesuatu yang kami ciptakan adalah berpasangan pasangan  supaya kamu manusia dapat mengingat kekuasaan Allah. Dari ayat tersebut sesungguhnya manusia telah ditakdirkan oleh Allah secara berpasangan pasangan karena cinta dan kasih sayang semuanya datang dari Allah dan untuk bisa selalu mengingat kekuasaan Allah SWT.

3. Qs Al-Najm

Dalam ayat Al Qur’an tentang cinta mengartikan bahwa dan sesungguhnya Allah telah menciptakan kamu secara berpasangan pasangan yakni laki laki dan perempuan. Dari ayat ini bisa menggambarkan bahwa jodoh takdir pasangan manusia adalah lelaki dan perempuan. Hal ini telah tertuang ke dalam ayat suci Al Qur’an.

4. Qs Al-kautsar 1.

Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu manusia nikmat yang begitu besar. Ayat ini bisa memberikan umat-Nya banyak perenungan. Karena rasa cinta Allah kepada manusia, hal ini membuat manusia dapat bernafas, melihat sesuatu, berjalan, dan semua hal yang dilakukan dalam kehidupan adalah nikmat dari Allah.

5. Qs Al-Hujurat 13.

Wahai manusia, sesungguhnya kami telah menciptakan kepadamu sekalian dari seorang laki laki dan perempuan.  Dan menjadikan kalian semua ber suku-suku dan Berbangsa-bangsa,  karena agar kalian semua dapat saling menyatu mengenal satu sama lain.  Sesungguhnya orang orang yang paling memiliki derajat tinggi adalah yang bertakwa kepada Allah SWT  sesungguhnya Allah mahaengetahui lagi maha mengenal.

6. Qs An-Nur 26.

Dalam ayat Al Qur’an tentang cinta ini mengatakan bahwa wanita yang tidak baik adalah untuk pria yang tidak baik, dan pria yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Sedangkan wanita baik untuk lelaki baik,  dan lelaki baik untuk wanita baik pula. Jadi, semuanya selalu sejalan dan beriringan secara bersama-sama.

7. Qs Ali-Imran 31.

Pada ayat Al Qur’an tentang cinta ini mengatakan, bahwa katakanlah wahai Rasulullah, jika kamu benar benar  mencintai Allah,  ikutilah aku,  niscaya  Allah mengasihi dan mengampuni dosamu. Dari ayat ini bisa tergambar bagaimana istimewanya umat yang selalu patuh kepada Allah,  Allah akan melimpahkan semua ridho,  menjaga serta mengampuni semua dosa dosanya.

8. Qs Ali-Imran 14.

Dari ayat ini bisa menjelaskan bahwa seringkali manusia selalu terlena akan kekayaan yang asalnya semua dari Allah. Bahkan mereka juga sering terlupa bahwa sebenarnya yang harus selalu diingat yang paling utama hanyalah Allah. Karena semua hal mewah yang kita inginkan hanya bersifat sementara. Allah bisa sewaktu-waktu mengambilnya kapan saja yang Dia inginkan.

9. Qs An-Nisa 1.

Dalam ayat Al Qur’an tentang cinta ini menjelaskan bahwa selalu bertakwalah dan selalu rendah diri setiap waktu. Umat manusia juga harus selalu menjaga tali silaturahmi terhadap orang lain. Karena semua hal tersebut bisa menjadi jembatan Allah untuk menentukan jodoh diantara mereka. Maka dari itulah, jika belum diberi jodoh, maka selalu bertakwalah dan rendah hati.

10. Qs Ar-Ruum 21.

Dan di antaranya tanda tanda kekuasaannya adalah dia menciptakan untukmu istri-istri dan jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya dan dijadikan di antaranya kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian  itu terdapat tanda tanda bagi kaum yang berfikir. Dari ayat tersebut kita bisa merenung bahwa manusia telah diciptakan laki laki dan perempuan untuk berjodoh satu sama lain.

Untuk para suami diharapkan selalu menghormati dan menjaga istri karena semua ketentraman asalnya dari istri. Jangan sekali kali para suami menyakitinya. Karena itu sama saja suami menyakiti orang yang disayanginya. Maka dari itulah penting untuk semua umat muslim memahami ayat suci Al Qur’an lebih dalam supaya bisa lebih menghargai antar sesama.

  1. Qs An-Nur 32.

Dari ayat tersebut kita dapat belajar bahwa jangan pernah takut untuk menikah. Jangan selalu berfikir belum bisa mencukupi pasangan yang ingin dinikahkan. Karena menikah adalah ibadah. Allah sangat menyukai umatnya yang sudah siap menikah untuk menikah. Jangan khawatir untuk rezeki. Karena Allah Maha Pemberi Rezeki. Dengan menikah, rezeki yang diberikan oleh Allah akan semakin berlimpah ruah tanpa Anda menyadarinya.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai ayat yang mengisyaratkan cinta. Baik itu cinta kepada Allah maupun kepada umat-Nya. Dengan membaca ayat-ayat tersebut, kita sebagai umat Allah yang maha Kuasa harus bisa lebih merenungkan diri. Bahwa sudah begitu banyak nikmat dan karunia yang telah diberikan tanpa terbatas apapun. Hal ini terbukti dari ayat Al Qur’an tentang cinta yang sudah ada.