Nisa Husnainna A full-time wife, a part-time content writer. Trying to inspire others and being a good servant of Allah.

7+ Fakta Kemewahan Piala Dunia Qatar 2022

5 min read

piala dunia qatar 2022

Piala Dunia Qatar 2022 – Siapa nih, Sobat Hijrah yang lagi rutin mantengin tim jagoannya berlaga di ajang Piala Dunia Qatar 2022? Hehe. Nonton bola hukumnya mubah (boleh) asalkan gak melalaikan yang wajib, ya…

Piala Dunia Qatar 2022 menarik untuk diulik karena pelaksanaannya jauh berbeda dari Piala Dunia yang pernah ada di negara-negara lain sebelumnya.

Perhelatan pertandingan sepakbola terbesar di dunia, FIFA World Cup atau Piala Dunia 2022 untuk pertama kalinya dalam sejarah diadakan di sebuah negara Islam yaitu di Qatar.

Pemilihan negara Qatar didasarkan oleh keputusan Sepp Blatter, mantan Presiden FIFA yang pada tahun 2010 lalu telah mengumumkan negara pemenang untuk menyelenggarakan Piala Dunia FIFA tahun 2022 yaitu Qatar.

piala dunia qatar 2022
piala dunia qatar 2022

Sejak terpilih sebagai host atau tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar mulai mempersiapkan segala hal dengan totalitas meskipun pada awalnya banyak yang meragukan kemampuan Qatar dalam mengadakan event bergengsi tersebut.

Namun kini stigma negatif terhadap Qatar yang berhembus dari media-media barat telah dipatahkan oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia yang datang ke Qatar untuk menyaksikan sendiri keberhasilan negara itu dalam melangsungkan Piala Dunia.

Pada artikel ini kami merangkum 7 lebih fakta-fakta menarik dalam pelaksanaan Piala Dunia Qatar 2022:

Piala Dunia Termahal

Qatar menggelontorkan dana fantastis sekitar 3.143 triliun rupiah bahkan diperkirakan lebih dari itu. Jumlah ini disebut-sebut lebih besar dari gabungan 21 Piala Dunia sebelumnya bahkan Piala Dunia Qatar 2022 dinobatkan sebagai Piala Dunia Termahal sepanjang sejarah.

biaya piala dunia qatar 2022
biaya piala dunia qatar 2022

Dana sebesar kurang lebih 220 sampai 300 miliar USD yang dikeluarkan Qatar itu digunakan untuk pembangunan fasilitas utama seperti stadion sepakbola, hotel, bandara, sarana transportasi, hingga perluasan beberapa ruas jalan.

Luas wilayah negara Qatar tidak lebih besar dari luas Provinsi Sulawesi Barat, dengan jumlah penduduk kurang dari 3 juta jiwa. Namun negara kecil tersebut mampu membangun 8 stadion megah berstandar internasional serta fasilitas trasportasi umum canggih seperti Metro Doha.

Piala dunia qatar 2022
Piala dunia qatar 2022

8 Stadion Megah Terhubung oleh Metro Doha

Metro Doha merupakan kereta bawah tanah yang menghubungkan semua tempat-tempat diselenggarakannya Piala Dunia Qatar 2022. Dilansir dari tribunnews.com, kereta berkecepatan 100 km/jam ini dapat mengangkut sekitar 1 juta penumpang.

Kereta cepat Metro Doha menghubungkan 8 stadion yang ada di Qatar sehingga transportasi ini sangat memudahkan siapapun yang akan datang ke lokasi pertandingan World Cup 2022.

Seperti yang diketahui, demi mendukung terlaksananya Piala Dunia 2022 Qatar membangun 8 stadion megah nan mewah yang digunakan dalam laga sepakbola terakbar di dunia. Berikut ini adalah stadion Qatar untuk Piala Dunia 2022:

  1. Lusail Stadium, kapasitas: 80.000 penonton
  2. Al-Bayt Stadium, kapasitas: 60.000 penonton
  3. Al-Janoub Stadium, kapasitas: 40.000 penonton
  4. Education City Stadium, kapasitas: 40.000 penonton
  5. Ahmad Bin Ali Stadium, kapasitas: 40.000 penonton
  6. Khalifa International Stadium, kapasitas: 40.000 penonton
  7. Al-Thumama Stadium, kapasitas: 40.000 penonton
  8. Stadium 974, kapasitas: 40.000 penonton
stadion qatar
Gambar: Jakarta Daily

Jadi bagi teman-teman yang ingin menyaksikan langsung Piala Dunia 2022 di Qatar, tidak perlu khawatir terkait mobilitas di sana karena seluruh stadion tempat dilangsungkannya Piala Dunia 2022 dihubungkan atau dilewati oleh kereta bawah tanah Metro Doha.

Selain Metro Doha, penonton juga dapat menggunakan shuttle bus untuk mobilitas ke stadion. Ke-delapan stadion tersebut berada dalam radius 57 km dari Doha (ibukota Qatar), dengan jarak antar stadion yang relatif dekat.

Fakta yang tidak kalah menarik yaitu tujuh dari delapan stadion di Qatar dilengkapi dengan teknologi canggih AC (Air Conditioner) raksasa bertenaga surya yang dapat menurunkan suhu panas meskipun stadionnya merupakan ruang terbuka. Beberapa supporter bahkan sampai ada yang merasa kedinginan di dalam stadion.

piala dunia qatar 2022
piala dunia qatar 2022

Kereta Api Bawah Tanah Ala Sultan

Masih seputar transportasi canggih yang dimiliki oleh Qatar, yaitu Metro Doha yang keberadaannya dinilai efektif untuk memudahkan penonton Piala Dunia Qatar 2022 dan mengurangi intensitas kemacetan.

Dilihat sepintas, Metro Doha mirip dengan MRT (Mass Rapid Transit) pada umumnya yang terdapat di kota-kota besar seperti Jakarta, Singapura, Jepang, dll. Akan tetapi yang membuat Metro Doha berbeda adalah kemewahannya yang tidak dimiliki oleh MRT negara lain.

Jika pada MRT biasanya kursi penumpang berupa barisan kursi panjang tanpa sekat, lain halnya dengan kursi Metro Doha yang dilengkapi arm rest sehingga penumpang duduk sendiri-sendiri (tidak berdempetan dengan penumpang di sebelah kanan dan kirinya).

metro doha
Gambar: Facebook Tribun News

Metro Doha tergolong canggih karena dikemudikan tanpa masinis. Sementara MRT bawah tanah di negara lain masih ada yang membutuhkan masinis untuk beroperasi. Kereta Metro Doha memiliki 13 stasiun dengan total 3 jalur sepanjang 76 km.

Oh ya, bagi penonton yang memiliki kartu Hayya dapat menikmati fasilitas transportasi ini secara gratis untuk bepergian ke tempat-tempat pertandingan.

Hotel Mewah untuk Menyambut Piala Dunia Qatar 2022

Akomodasi merupakan hal penting yang tak luput dari perhatian pemerintah Qatar dalam menyambut Piala Dunia Qatar 2022. Pembangunan hotel pun diperbanyak dengan tujuan menyediakan penginapan yang memuaskan kepada para tamu.

Selama masa Piala Dunia berlangsung, Qatar menyewa sebuah hotel terapung untuk memanjakan para tamu yang datang ke negara tersebut. Hotel berbentuk kapal pesiar itu dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah seperti kolam renang.

hotel terapung
hotel terapung qatar

Selain hotel terapung, Qatar juga membangun hotel unik yang diberi nama Cabin Fan Village guna mengantisipasi kekurangan tempat penginapan. Cabin Fan Village menyediakan 6.000 kamar yang cukup untuk menampung sebanyak 12.000 supporter dari seluruh penjuru dunia.

cabin fan village
cabin fan village

Bola Berteknologi Tinggi

Tidak hanya stadionnya yang dilengkapi dengan teknologi pendingin ruangan raksasa, tapi bola yang digunakan dalam pertandingan pun bukanlah bola biasa.

FIFA World Cup Qatar 2022 menggunakan bola resmi yang diberi nama ‘Al-Rihla’ yang diproduksi oleh Adidas. Bola ini tidak hanya perlu dipompa, namun juga perlu diisi daya layaknya smartphone.

Kelebihan bola ‘Al-Rihla’ yaitu mempunyai sensor yang dapat mengukur data kecepatan dan arah serta pelacakan bola dan penanda offside. Kemampuan bola ini tentu akan memudahkan tugas wasit, ya…

Bola piala dunia
Bola piala dunia

Goodie Bag untuk Semua Penonton di Stadion

Setelah opening ceremony Piala Dunia Qatar 2022, banyak tersebar di dunia maya cuplikan video singkat terkait bocoran isi goodie bag (tas souvenir) yang didapatkan oleh penonton.

goodie bag
goodie bag

Bukan Qatar namanya kalau semua hal gak serba ‘wah’, ya… Dikabarkan, seluruh penonton yang hadir pada Upacara Pembukaan FIFA World Cup Qatar 2022 di Al-Bayt Stadium masing-masing mendapatkan satu tas souvenir yang isinya nggak main-main loh, guys!

Isi dari goodie bag pada opening ceremony FIFA World Cup Qatar 2022 di Al-Bayt Stadium antara lain:

  • kaos yang ditandatangani oleh raja
  • trofi pajangan Piala Dunia Qatar 2022
  • pin berlogo World Cup 2022
  • bantalan berbentuk maskot La’eeb
  • gelang, parfum, dan kayu beraroma
  • selimut mini
piala dunia qatar 2022
piala dunia qatar 2022

Makanan Gratis Setiap Selesai Pertandingan

Setiap selesai pertandingan, warga Qatar akan menyambut para penonton yang baru keluar dari stadion dengan menawarkan berbagai minuman dan makanan.

warga qatar bagi-bagi makanan
warga qatar bagi-bagi makanan

Banyak supporter yang merekam aksi warga lokal Qatar membagi-bagikan berbagai makanan lezat secara gratis. Tidak hanya orang dewasa, namun anak-anak pun turut meramaikan aksi berbagi makanan kepada para supporter dari berbagai negara.

Wah, baik banget ya warga Qatar. Mereka membagikan aneka minuman, kopi, permen, kurma, pizza, burger, hingga makanan berat seperti nasi mandhi.

Pelarangan Konsumsi Alkohol

Bagi sebagian orang, mengkonsumsi minuman beralkohol merupakan salah satu kenikmatan dunia yang efeknya dapat membuat peminumnya merasa perbedaan, mulai dari perasaan rileks hingga memabukkan.

Terlepas dari apapun kenikmatan yang dirasakan peminumnya, Allah telah mengharamkan minuman beralkohol secara mutlak di dalam Al-Quran. Maka sudah sepatutnya manusia mematuhi larangan Allah.

Namun begitu, alkohol akan menjadi kemewahan tatkala kita masuk ke dalam surga. Minuman penduduk surga telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an Surah Muhammad ayat 15 :

فِيْهَا أَنْهَارٌ مِنْ مَاءٍغَيْرِ ءَاسِنٍ وَ أَنْهَارٌ مِنْ لَبَنٍ لَمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُ وَ أَنْهَارٌ مِنْ خَمْرٍ لَذَّةٍ لِّلشَّارِبِيْنَ وَ أَنْهَارٌ مِنْ عَسَلٍ مُصَفًّى وَلَهُمْ فِيْهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ

Di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari arak yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai dari madu yang disaring. Dan di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan.” (QS. Muhammad : 15).

(muslimah.or.id)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa minuman arak atau alkohol juga bisa kita dapatkan di surga. Namun minuman arak di surga tentu berbeda dengan arak di dunia. Jika minuman haram tersebut di dunia dapat memabukkan dan menyeret peminumnya kepada bencana, lain halnya dengan arak di surga yang tidak mengandung bahaya.

Negara Qatar tidak main-main dalam menegakkan syariat Islam termasuk ketika melangsungkan pertandingan Piala Dunia Qatar 2022. Hal ini dibuktikan dengan aturan-aturan yang diterapkan seperti pelarangan meminum alkohol selama Piala Dunia Qatar 2022 berlangsung.

Menanggapi aturan Qatar terkait pelarangan minuman alkohol selama event Piala Dunia Qatar 2022 berlangsung, Federasi Sepakbola Internasional atau FIFA tetap menghormati aturan tuan rumah tersebut dengan mendukung dan meresmikan sanksi untuk penonton yang melanggar aturan tersebut.

Akibat dari peraturan ini, perusahaan-perusahaan bir tidak dapat menjual, membagikan, ataupun mensponsori kegiatan Piala Dunia Qatar 2022. Kendati demikian, banyak supporter yang malah memuji Qatar. “Pelarangan alkohol selama World Cup ternyata tidak buruk. Para supporter jadi lebih menikmati pertandingan dalam keadaan yang sadar dan gembira”, ujar salah seorang supporter.

Menegakkan Syariat dan Nilai-nilai Islam

Dalam perhelatan World Cup 2022, Qatar memanfaatkan perannya sebagai tuan rumah untuk sekaligus berdakwah mengenalkan ajaran Islam kepada seluruh dunia.

Qatar selaku tuan rumah Piala Dunia 2022 dalam pelaksanaannya mengedepankan nilai-nilai dan norma Islam sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadist.

Ketika memasuki negara Qatar, kita dapat menjumpai potongan quotes dari ayat-ayat Quran dan hadist menghiasi bangunan-bangunan. Bahkan dalam upacara pembukaan FIFA World Cup Qatar 2022 terdapat qori’ yang melantunkan ayat suci Al-Qur’an.

Beberapa syariat Islam yang ditegakkan oleh Qatar selama Piala Dunia 2022 berlangsung antara lain:

  • Tidak diperkenankannya pasangan yang belum menikah (non-mahrom) untuk menginap di hotel dalam satu kamar yang sama.
  • LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) diharamkan di Piala Dunia Qatar 2022.

Ketegasan panitia pelaksana Piala Dunia Qatar 2022 dalam menegakkan aturan syariat Islam patut diapresiasi oleh semua kalangan. “Kami tidak akan mengubah agama kami untuk 28 hari,” tutur Kepala Keamanan Piala Dunia Qatar.

say no to lgbt
say no to lgbt

Demikian 7 lebih fakta-fakta yang kami ungkap tentang Piala Dunia Qatar 2022. Mari kita doakan semoga pelaksanaan Piala Dunia Qatar 2022 berjalan sukses, lancar, dan aman hingga akhir pertandingan serta tetap berpegang pada syariat Islam.

Baca artikel menarik lainnya: 50+ Daftar Pondok Pesanteren Manhaj Salaf di Pulau Jawa

 

Referensi:

https://muslimah.or.id/11258-minuman-penduduk-surga.html

Nisa Husnainna A full-time wife, a part-time content writer. Trying to inspire others and being a good servant of Allah.

Tinggalkan Balasan