Memahami Lebih Jauh Makna Ikhlas dalam Hidup Sehari-Hari

3 min read

Makna Ikhlas

Makna ikhlas dalam hidup merupakan salah satu perbuatan yang seharusnya dijadikan kebiasaan baik bagi seluruh manusia. Terlelap dari itu semua, memang yang namanya ikhlas itu sangat mudah diucapkan. Akan tetapi, kata ini sangat sulit untuk dilakukan. Karena harus benar-benar dari hati serta niat seseorang. Maka dari itulah, jangan melihat dari katanya saja, namun pahami maknanya juga.

Karena faktanya membuktikan bahwa segala sesuatu yang sering dilakukan kebanyakan orang hanyalah memahami makna ikhlas dalam hidup hanya sebatas karena ingin dilihat oleh orang lain. Sehingga hal ini menimbulkan riya. Jadi, ikhlas menurut filosofinya adalah bersih dari hati yang kotor,  tulus, dan ikhlas dalam bekerja maupun dalam melakukan sesuatu tanpa pamrih, sekaligus tanpa mengharapkan apapun.

Jika mampu melakukan segala sesuatu secara ikhlas dan sukarela, pastinya akan menghasilkan pribadi yang lebih baik dan semakin mengetahui makna ikhlas dalam hidup sehari-hari. Jadi, lakukan apa yang menurut kalian baik tanpa harus dilihat oleh pandangan mata khalayak banyak orang. Selalu yakinlah bahwa setiap apapun yang dilakukan, terutama ke arah yang baik dan positif itu pasti akan menghasilkan buah manis di dalam kehidupan.

Memang di dalam kehidupan sehari-hari pastinya akan menemui karakter orang yang berbeda-beda. Namun, justru dengan karakter tersebut, kita sebagai umat islam mulai diuji oleh Allah. Baik itu dari segi perkataan kritik yang selalu dilontarkan oleh orang lain yang tak jarang menimbulkan kekecewaan. Ada juga perkataan pedas bahkan terkesan frontal yang membuat hati sulit untuk ikhlas dalam menerimanya.

Makna Ikhlas dalam Hidup

Ikhlas seharusnya timbul dari diri sendiri selalu menerima apa yang sudah ditakdirkan maupun yang dijalani tanpa mengeluh sedikitpun. Sementara jika beberapa diantaranya sudah menentukan niat untuk ikhlas, percayalah sikap ini yang akan menghalangi perbuatan tercela dalam kehidupan sehari-hari karena hal ini merupakan perintah langsung dari Allah Allah agar setiap umat selalu ikhlas. Semuanya sudah tertera di dalam Al Qur’an.

Salah satu makna ikhlas dalam hidup tertera dalam surat Al Ikhlas. Dalam surat ini memberikan pelajaran mengenai prinsip. Bagi orang yang ikhlas terutama untuk yang membacanya, sehingga dia akan menjauhi dari kesyirikan. Apabila ia telah berhasil membaca dengan pemahamannya dengan baik, meliputi Tauhid, rubbiyah dan Asma wa’sifat, maka hasilnya juga akan baik.

Untuk lebih memahami makna ikhlas dalam hidup sangatlah mudah. Namun dalam praktiknya biasanya dipenuhi oleh ujian. Tapi tenang saja! Karena sebernanya justru dengan ujian inilah bisa dijadikan sebagai bukti cinta Allah kepada umatnya. Jika telah memahami ikhlas dengan cukup baik, maka sifat ini akan menghindarkan Anda dari hawa nafsu duniawi yang kerap meracuni selama ini.

Beberapa hal tentang nafsu duniawi yang kerap dialami sebagian besar orang adalah tidak ada rasa keikhlasan dalam diri sendiri. Yaitu sombong,  rakus gila harta,  pangkat, dan lebih banyak lagi. Beruntungnya, Allah Maha Adil Dia Maha Mengetahui apa yang dikerjakan oleh umatnya. Dengan mengetahui makna ikhlas dalam hidup yang sebenarnya, hal ini akan membuat Anda lebih ikhlas. Selain itu, biarlah semua hal yang dialami dalam kehidupan dibalas oleh Allah SWT.

Contoh Ikhlas dalam Kehidupan Sehari-hari

Perilaku ikhlas tentunya jangan hanya sebatas omongan saja. Namun harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama ketika dalam kehidupan nyata. Bertemu dengan orang yang karakternya berbeda bisa menjadi tantangan untuk mempertahankan perbuatan tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh ikhlas yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

  1. Sabar

Allah SWT menciptakan manusia supaya umatnya selalu beribadah dan taat pada agama. Namun beberapa hal yang mungkin sulit dilakukan adalah sabar. Sabar adalah bagaimana cara Anda dalam memahami ikhlas dalam kehidupan sehari-hari dalam menjalani hidup setiap harinya. Baik itu ikhlas dalam mengalami hal yang tidak terduga, meninggalkan seseorang, diacuhkan, diremehkan, dan beberapa hal negatif lainnya.

Karena sabar merupakan sebuah sikap yang tentunya harus dilakukan ketika mengalami sesuatu terutama sesuatu yang paling buruk. Misalnya saja, ketika Ani kehilangan dompetnya yang ia taruh di meja sekolah,  beberapa menit kemudian tanpa disadari dompetnya hilang. Padahal uang di dompet tersebut berisikan uang untuk membeli peralatan sekolah.

Ani memilih untuk sabar dan menerima musibah tersebut dengan megucapkan kalimah tarjie innalillahiwainnailaihirojiun. Dengan harapan semoga semuanya menjadi lebih baik. Meskipun ada harapan secepatnya dapat membeli peralatan sekolah.  Namun, Allah selalu memberikan keistimewaan bagi kaumnya yang selalu sabar. Akhirnya Allah memberikan kepada Ani secara tidak langsung nikmat yang tidak terduga. Yaitu menjadi juara kelas dan hadiah yang didapatkan berupa macam-macam peralatan pensil.

  1. Perilaku Pemaaf

Kesalahan tentunya selalu dilakukan oleh seluruh manusia baik yang disengaja maupun yang tak disengaja. Manusia sebagai makhluk sosia sudah pastinya akan selalu berinteraksi dengan orang lain. Tidak sengaja berujar hal buruk kepada orang lain,  melakukan sikap yang kurang menyenangkan kepada yang lainnya.  Sabar merupakan salah satu cara yang paling ampuh dalam menumbuhkan rasa ikhlas dalam kehidupan sehari hari. Perilaku maaf pastinya akan menghilangkan rasa tidak tenang.

Misalnya saja, Dila tidak sengaja menceritakan hal-hal yang kurang baik tentang Dika. Sehingga orang-orang lain menilai negatif kepada Dika. Namun dengan seiring berjalannya waktu, Dila mulai menyadari bahwa semua perbuatan yang dilakukan sangatlah buruk. Dika pun langsung memberikan nasihat kepada Dila, lalu ia meminta maaf kepada Dika. Sehingga, semuanya menjadi berjalan dengan ikhlas.

Allah sesungguhnya Maha Mengetahui apa yang dilakukan oleh umat-Nya. Dengan berperilaku sabar, hal ini bisa menciptakan langkah untuk memahami ikhlas dalam kehidupan sehari-hari. Jika seorang umat-Nya mencoba untuk selalu bersabar, niscaya orang-orang yang telah menyakitinya, baik lisan maupun sikap akan diberikan kesadaran dari doa orang yang tersakiti.

Dalam hal ini telah tertuang dalam dari surat, QS Al Imran 134. Dimana Allah menyukai umat-Nya yang selalu berbuat kebaikan. Yaitu, orang yang selalu menafkahkan waktunya saat sempit dan lapang, dan orang yang selalu sabar dan mau memaafkan kesalahan orang lain. Sehingga, hati orang tersebut menjadi lebih damai dan jauh dari perasaan marah karena perbuatan orang lain.

  1. Menerapkan Sikap Ikhlas dalam Kehidupan Sehari-Hari

Salah satu cara untuk memahami makna ikhlas dalam hidup adalah menerapkan sikap ikhlas seperti, selalu melakukan perbuatan terpuji,  ikhlas dalam beribadah tidak mengeluh sekecil apapun,  tidak mengharapkan sanjungan dari orang lain, dan tidak menghitung atau memperlihatkan amal kebaikan yang dilakukan. Besar maupun kecil hal yang dilakukannya selalu didasari demi mengejar keridhaan Allah.

Nah, itu tadi adalah beberapa makna ikhlas dalam hidup lebih lengkap. Dengan selalu bersikap ikhlas, diharapkan setiap umat muslim bisa lebih sabar dalam menghadapi segala macam cobaan. Karena tak jarang pula bila ada banyak umat muslim yang kemudian harus bertengkar dengan seseorang hanya karena salah satu pihak tidak ikhlas saat melihat pihak lain tidak adil terhadapnya. Maka dari itulah, ikhlas harus selalu ditanamkan dalam diri orang sejak dini agar lebih dekat dengan Allah.