APA KEISTIMEWAAN RAMADHAN?

0
358
views

Keistimewaan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diturunkanlah Al-Qur’an kepada seluruh umat manusia sebagai petunjuk untuk memperoleh kebahagian,  baik di dunia dan di akhirat.

Pada saat itu, ketika bulan Ramadhan tiba, maka dibukakan pintu-pintu langit (surga) dan ditutup pintu-pintu neraka. Kemudian para setan-setan dibelenggu.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat diberkahi. Pada bulan ini Allah mewajibkan kepada kita semua untuk berpuasa. Pintu langit terbuka lebar dan pintu neraka tertutup rapat.

Sehingga bagimu, Allah bukakan jalan yang sangat luas untuk beribadah pada bulan itu. Dan pada bulan itu, Allah berikan satu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan.

Sesungguhnya Allah memiliki hamba-hamba yang dibebaskan dari neraka di setiap hari dan malam di bulan Ramadhan. Setiap hamba dari ereka memiliki doa mustajab di setiap hari dan malamnya.

Faedah Serta Keutamaan Puasa

Di bulan Ramadhan kita diwajibkan untuk berpuasa satu bulan penuh. Dengan sunnah untuk memperlambat sahur dan mempercepat berbuka. Faedahnya adalah sebagai berikut:

1. Untuk Meningkatkan Takwa

“Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

QS. Al-Baqarah: 183

2. Untuk Melakukan Amalan yang Tiada Bandingannya

Dari Abu Umamah al-Bahili bahwa beliau pernah bertanya kepada Rasulullah SAW,

“Amalan apakah yang paling utama?”

Rasulullah menjawab,

“Kerjakanlah puasa, karena puasa itu tidak ada bandingannya.”

HR. An-Nasa’i

3. Untuk Mendapatkan Pahala yang Berlipat

Pada bulan Ramadhan, segala bentuk ibadah kita akan dilipat gandakan hingga 70 kali lipat.

Khutbah Rasululah saw pada akhir bulan Sa`ban,

“Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan.”

HR. Bukhori-Muslim

4. Untuk Menghapuskan Dosa-Dosa

“Antara shalat wajib, Jum’at ke Jum’at berikutnya, Ramadhan ke Ramadhan berikutnya adalah sebagai pelebur dosa yang ada diantaranya, selama menjauhi dosa-dosa besar.”

HR. Imam Muslim

5. Untuk Mendapatkan Kebahagian di Dunia dan di Akhirat

“Orang-orang yang berpuasa pada bulan Ramadhan akan mendapatkan 2 kebahagian; 1 kebahagiaan ketika di dunia saat berbuka dan 1 kebahagiaan di akhirat ketika berjumpa dengan Rabb-nya.”

HR. Al-Bukhari

6. Untuk Mendapatkan Tiket Masuk Surga melalui Ar-Rayyan

“Sesungguhnya di Surga ada sebuah pintu bernama Ar-Rayyan. Yang akan memasukinya di hari kiamat hanyalah orang-orang yang berpuasa dan tidak akan seorangpun yang dapat masuk darinya selain mereka.”

HR. Bukhari, 1763. Muslim, 1947

7. Untuk Mengebiri Gejolak Syahwat

“Barangsiapa yang sudah mampu untuk menikah, maka menikahlah karena itu dapat menundukan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Dan barang siapau belum mampu, maka hendaknya dia berpuasa, karena itu adalah penekan syahwat baginya.”

HR. Bukhari

8. Untuk Mempersempit Godaan Syaithan

Karena dengan banyak makan, urat-urat akan terpenuhi darah dan menaik tekanannya. Sebaliknya, dengan sedikit makanan yang masuk, itu akan membatasi aliran darah tersebut. Sedangkan aliran darah merupakan jalan untuk setan menggoda.

“Sesungguhnya syaithan itu dapat berjalan di dalam tubuh manusia pada aliran darahnya.”

HR. Bukhori dan Muslim

9. Untuk Melindungi Diri dari Neraka

“Barangsiapa yang berpuasa sehari di jalan Allah, niscaya Allah akan jauhkan wajahnya dari api neraka sejauh perjalanan selama 70 Tahun.”

HR. Bukhari

“Barangsiapa berpuasa sehari di jalan Allah, maka Allah akan menempatkan sebuah aprit antara dia dengan neraka sebagaimana jarak langit dengan bumi.”

“Puasa adalah perisai yang dipakai berlindung seorang hamba dari Neraka.”

HR. At-Tirmidzi

10. Untuk Mendapatkan Syafa’at sebagaimana pula Al-Qur’an

“Puasa dan al-Qur’an itu akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat nanti.

Puasa akan berkata : “Wahai Rabb ku, saya telah menahan nya dari makan dan nafsu syahwatnya, karena nya perkenanankan aku untuk memberi syafaat kepada nya (kepada orang yang berpuasa).”

Dan al-Qur’an berkata : “Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, karena nya perkenankan aku untuk memberi syafaat kepadanya.”

Beliau Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Maka syafaat kedua nya diperkenankan.” ”

HR. Ahmad

11. Mendorong Untuk Lebih Beramal Shalih serta Menghalangi ataupun Mengurangi Kemaksiatan, Karena Banyak Mengingat Allah dengan Puasa

12. Untuk Memiliki Doa Mustajab

“Tiga golongan yang tidak tertolak doa mereka: Imam yang adil, orang yang berpuasa hingga berbuka dan doanya orang yang terdzalimi.”

HR. At-Tirmidzi

13.  Untuk Melatih Kesabaran dan Ketabahan

“…dan barangsiapa menyabarkan diri, niscaya Allah akan menjadikannya sabar.”

HR. Bukhari

14. Untuk Melatih Kesiapan Meninggalkan Sesuatu yang Kita Cintai Karena Allah

15. Untuk Persiapan Menghadapi Kondisi Sempit

16. Untuk Menyadarkan Orang Kaya Perihal Orang Miskin

Marhaban Ya Ramadhan

Selamat menunaikan ibadah puasa untuk umat islam di seluruh dunia.

Jangan lupa share artikel ini, jika bermanfaat. 🙂