Macam-Macam Istiqomah

2 min read

Macam-Macam Istiqomah dan Contohnya

Hijrah, Macam-Macam Istiqomah, dan Contohnya – Tahukah Anda jika istiqomah adalah salah satu hal yang sangatlah penting dalam kehidupan seorang manusia terutama yang beragama muslim.

Alasannya sudah jelas karena dengan Anda melakukan istiqomah, seseorang tidak akan mengalami dan merasakan yang namanya ketakutan saat menerapkan nilai-nilai keimanan dan tidak akan bersedih tatkala jika mengalami kegagalan.

Karena jikalau Anda mengalami suatu kegagalan itu berarti telah menjadi konsekuensi dari keimanan seseorang.

Allah Swt berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan Tuhanku Allah kemudian mereka istiqomah, maka mereka tidak ada rasa takut dan tidak berduka cita” (QS. 46 : 13)

Macam-Macam Istiqomah dan Contohnya secara Lengkap

Macam-Macam Istiqomah dan Contohnya

Istiqomah berasal dari Bahasa Arab yang mengandung arti yakni “tegak lurus.” Selain dari kata Bahasa Arab yaitu istaqâma ada juga yaitu mustaqîm yang artinya adalah lurus.

Sebagai contoh dalam kata “ash-shirâtul mustaqîm” yang mempunyai arti “jalan yang lurus.” Dalam istilah KBBI kata istiqamah mempunyai arti tersendiri yaitu dengan sikap teguh pendirian dan selalu konsekuen.

Pengertian istiqomah yang telah dipaparkan di atas dapat disimpulkan bahwa istiqomah merupakan sikap teguh pada pendirian dan siap menanggung segala resiko dari apapun yang diakibatkan dari perilaku yang kita lakukan.

Maksud lainnya yakni siap menerima konsekuensi dari pilihan sikap meskipun hal itu kadang berat dan tidak menyenangkan.

Ada pula kata istiqomah tersebut diartikan dengan “konsistensi” atau “keajekan.” Konsistensi sendiri mempunyai makna tetap (tidak berubah-ubah), taat asa, ajek, selaras, sesuai.

1. Istiqomah Jiwa atau Iman

Sebagai seorang muslim kita hendaknya selalu menaati ajaran-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Maka dari itu, kita harus menjaga iman agar tidak sampai jatuh kepada yang namanya kekhufuran.

Hal tersebut dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya sebagai contoh yakni ketika Anda belum terbiasa bangun pagi untuk pergi sholat subuh.

Namun, kemudian hari Anda ingin dan benar-benar niat untuk berubah dan selalu berkeinginan sholat subuh, maka dalam artian istiqamah di sini yakni Anda harus menerima segala konskuensi yang ada untuk bertujuan agar rasa malas Anda bisa hilang alias siap menahan kantuk.

Hal tersebut harus Anda lakukan setiap hari, bukan hanya sekali saja kemudian besoknya tidak dilakukan lagi. Sehingga demikian Anda bisa melaksanakan ajaran-ajaran islam sepanjang hidup Anda.

2. Istiqomah Hati

Maksud dari Istiqomah dengan hati di sini yakni melakukan sesuati dengan niat yang jujur dan tulus. Sebagai contoh apabila Anda seorang perempuan muslimah yang sebelumnya tidak memakai hijab dan ingin berubah dengan memakai jilbab.

Maka arti istiqomah tersebut maka saat Anda memutuskan untuk memakai hijab pasti akan menerima konsekuensinya yakni diledek atau bahkan di-bully oleh teman, saudara, atau kerabat lainnya karena pilihannya tersebut.

Selain itu Anda sebagai seorang perempuan yang sudah memutuskan untuk memakai hijab haruslah selalu konsisten untuk berusaha memakai hijab setiap hari di saat keluar rumah, bukan kambuh-kambuhan. Sekarang pakai hijab, besoknya tidak.

Baca juga: Kepada Siapa Kita Pantas Berharap?

3. Istiqomah Lisan

Istiqomah lisan adalah terus mengucapkan kalimat syahadat di manapun dan kapanpun Anda berada. Lisan merupakan cerminan hati dari seorang manusia.

Jika hati seorang manusia tersebut bersih, pasti kata yang terucap oleh lisannya adalah kata-kata yang positif. Namun jika lisan seorang manusia tersebut terbiasa mengucapkan kata-kata kotor, maka kalimat yang keluar dari lisannya secara tidak sengaja juga kotor.

Sebagai contoh, saat Anda adalah orang Jawa melakukan umpatan dan cacian yang disebut itu semua Misuh. Namun kata misuh tersebut dalam Bahasa Tionghoa mempunyai arti yakni: Tiada Tuhan.

Penutup

Demikian yang dapat Hijrah bagikan tentang Macam-Macam Istiqomah dan Contohnya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi hijrahdulu.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel istiqomah berikutnya.

 

Dapatkan berbagai jenis kurma dan oleh-oleh khas Arab premium, halal, termurah, dan original dari Saudi di:  Toko Kurma Hawa

%d blogger menyukai ini: