aqidah

Istiqomah dalam Menjalankan Syariat Islam

Hijrahdulu, Istiqomah dalam Menjalankan Syariat Islam – Istilah istiqomah biasa kita dengar selama ini dalam ceramah agama ataupun di kehidupan sehari-hari.

Kita sebagai seorang muslim yang baik tentunya diharapkan untuk istiqomah dalam hal ibadah yang dilakukan serta menjaga perilaku yang baik.

Istiqomah sendiri memang sangat gampang untuk diucapkan namun pada kenyataannya saat menjalankannya sangatlah sulit dari yang dibayangkan.

Butuh niat yang keras serta ikhlas agar bisa menjadi seorang muslim yang istiqomah. Lalu apakah Anda tahu yang dimaksud dengan istiqomah dan bagaimana istiqomah yang sebenarnya dalam menjalankan syariat Islam?

 

Perintah dan Manfaat Istiqomah dalam Menjalankan Syariat Islam

Kita pasti pernah mendengar beberapa cerita tentang ada seseorang yang mempunyai keteguhan iman serta memiliki akhlak yang baik, namun suatu ketika seseorang itu berubah dengan seiring berjalannya waktu.

Kita juga pernah menemui beberapa orang yang sangat rajin beribadah namun masih berbuat maksiat. Hal tersebut yang dikatakan sebagai perbuatan yang tidak istiqomah.

 

Manfaat Istiqomah

Seperti yang dipaparkan dalam firman Allah SWT di atas, istiqomah adalah perbuatan yang sangatlah penting sehingga memiliki beberapa manfaat. Di antara manfaat dari istiqomah tersebut yakni:

1. Dilancarkan rezekinya

Rezeki yang kita terima sudah diatur oleh Allah, maka dari itu tentu rezeki yang diterima ini oleh kita agar menjadi makin berkah yakni dengan beristiqomah. Jadi, apabila rezeki Anda lancar menurut syariat Islam salah satunya dengan istiqomah.

2. Selalu diberi rasa aman dan dijauhkan dari rasa sedih

Allah telah berjanji kepada umatnya apabila istiqomah akan diberikan rasa aman dan damai. Oleh karenanya orang yang istiqomah tetap berada di jalan Allah SWT. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah dalam Qur’an surat Fusilat ayat 30.

3. Diberikan jalan yang lurus

Memang kehidupan yang kita jalani biasanya selalu ada saja halangan dan rintangan dalam menjalankan istiqomah di jalan Allah SWT.

Meskipun demikian, kita sebagai seorang muslim yang telah istiqomah di jalan-Nya tentu akan diberikan jalan yang lurus untuk mentaati perintah-Nya seperti beribadah dan tetap beriman kepada Allah SWT hingga ajal menjemput.

4. Menjadi orang yang disiplin

Saat kita menjalankan ibadah dan menaati segala perintah-Nya secara rutin, maka kita akan terbiasa melakukan hal tersebut sehingga memupuk sikap kedisiplinan kita yang secara otomatis kita lakukan tanpa harus diingatkan kembali.

Sebagai contoh bagi Anda laki-laki yang rutin menjalankan ibadah sholat jum’at apapun kesibukannya pasti akan menjalankan ibadah shalat jum’at tersebut tanpa harus diperintah atau diingatkan. Maka baiknya istiqomah yang bisa membuat kita disiplin sehingga dapat mengatur waktu untuk menjalankan ibadah.

5. Mendapat pertolongan

Jika Anda adalah orang yang rutin menjalankan ibadah dalam kondisi apapun, senang ataupun susah. Hal tersebut menjadi bukti bahwa seseorang muslim tersebut senantiasa mengingat allah, maka allah pun pasti membalas dengan memberikan berkah dan nikmat serta pertolongan pada waktu kesusahaannya.

Baca juga: Macam-Macam Istiqomah

Penutup

Demikian sekilas yang dapat kami bagikan, uraian tentang istiqomah dalam menjalankan syariat islam. Di mana ada banyak cara agar kita sebagai seorang muslim tetap istiqamah di jalan Allah.

Hal itu juga tergantung pada keinginan dan niat masing-masing individu. Semoga dari artikel yang kami bagikan ini kita senantiasa bisa menjadi muslim yang istiqomah dalam beribadah kepada Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya.

Sampai jumpa lagi di artikel kami selanjutnya. Sekian dan terimakasih.

Sawal Walker

Tinggalkan Komentar

Recent Posts

Siapakah Capres Pilihan Umat Islam di Pilpres 2024?

Siapakah Capres yang Layak Dipilih Umat Islam di Pilpres 2024 Nanti? Halo! Seperti yang kita…

19 jam ago

Ukhuwah Islamiyah dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits

Indahnya Ukhuwah dalam Dekapan Sesama Mukmin Ukhuwah Islamiyah adalah persaudaraan yang didasari keterikatan hati dengan…

1 hari ago

Apa yang Akan Didapatkan oleh Pemuda Sholeh?

Pemuda yang Menikahi Seorang Wanita yang Buta, Tuli dan Bisu. Seorang pemuda sholeh melihat ke arah…

2 hari ago

Bagaimana Cara Memilih Pemimpin Terbaik Untuk Indonesia Maju 2024?

Memilih Pemimpin Terbaik untuk Indonesia Halo, Selamat pagi, siang, petang, dan malam. Aku tidak tahu…

2 hari ago

Hijrah dari Keburukan kepada Kebaikan

Perjalanan Hijrah dari Keburukan kepada Kebaikan - Ada yang bilang setiap perjalanan yang kamu lakukan…

3 hari ago

Membentengi Diri dari Agenda Pemurtadan

Kita hidup di zaman yang penuh dengan fitnah dunia yang menggoda. Segala macam pemahaman masuk…

3 hari ago